TUGAS SOFTSKILL 4

Posted: November 5, 2012 in tugas

CONTOH DEMO MAHASISWA

SEMARANG – Dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penyidikan kasus Simulator SIM dilancarkan belasan mahasiswa di bundaran eks videotron, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (6/8). Mereka meminta KPK untuk tidak takut berhadapan dengan koruptor yang berkedok seragam.
Aksi yang dimulai sekitar pukul 10.00 tersebut dilakukan oleh mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Undip Semarang. Sebuah spanduk dukungan terhadap KPK dibentangkan sepanjang aksi.
Ketua BEM KM Undip Semarang, Reza Auliarahman mengatakan, aksi itu dilakukan agar KPK merasa langkahnya didukung oleh warga dari segala penjuru Nusantara. KPK agar tidak takut meski berhadapan dengan oknum-oknum tertentu di kepolisian maupun pemerintahan yang menjadi beking korupsi Simulator. “Tujuan kita untuk memberikan dukungan kepada KPK. Karena selama ini, sikap kepolisian terlalu arogan, padahal penuh kecurangan,” katanya.
Sementara, Kordinator Aksi Nanda Harianto menilai, kepolisian terkesan melindungi beberapa pihak di jajarannya dengan bersikeras melanjutkan penyidikannya. Menurutnya, jika kepolisian benar-benar ingin membersihkan diri seharusnya menyerahkan seluruh penanganan kasus kepada KPK. Selain itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga harus menginstruksikan Polri untuk tidak bersikap arogan mencampuri penyidikan KPK. “Publik tentu lebih mempercayai KPK dari pada kepolisian untuk menuntaskan kasus itu secara objektif,” ujar Nanda.
Aksi selama satu jam itu berlangsung damai dalam pengawalan puluhan aparat kepolisian.
Sumber : Suara Merdeka

DEVINISI DEMO

Definisi demonstrasi atau unjuk rasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pernyataan protes yang dikemukakan secara massal.
Akhir-akhir ini di Indonesia, demonstrasi begitu marak dan mudah terjadi untuk mengekspresikan ketidakpuasan atau kekecewaan terhadap sikap dan kebijakan pemerintah. Protes-nya sendiri mengkritisi pemerintah dalam banyak hal, seperti kebijakan yang dinilai tak adil, janji-janji program yang belum bisa direalisasi.
Unjuk rasa adalah hal penting sebagai ‘guardian’ wewenang berlebih dari pemerintah. Unjuk rasa penting untuk menstimulasi kesadaran masyarakat agar kritis terhadap segala bentuk aktivitas kenegaraan. Unjuk rasa penting untuk menyulut reaksi ‘massive’ terhadap aksi-aksi atau gerakan perbaikan lain yang akan mendukung terlaksananya kehidupan kenegaraan yang ideal. Benar, unjuk rasa penting akan hal itu.
Tetapi perlu diingat, hanya unjuk rasa ideal yang akan berdampak seindah itu. Unjuk rasa dimana semua partisipan telah paham secara mendalam dan komprehensif mengenai apa-apa yang dituntutnya. Unjuk rasa dimana semua partisipan mengerti mekanisme hukum, sehingga menuntut keadilan yang FAKTUAL akan sesuatu. Unjuk rasa dimana semua partisipan berniat tulus untuk benar-benar memperjuangkan kepentingan bangsa, bukan kepentingan golongan. Unjuk rasa dimana semua partisipan mempunyai satu visi yang jelas akan apa yang diperjuangkannya.

PENYEBAB DEMO
* Sikap para demonstran yang menganggap pendapat mereka paling benar
* Suasana panas,sesak sehingga cepat menimbulkan emosi
* Tidak ada perwakilan yang besedia menanggapi berbicara kepada para demonstran
* Adanya provokasi

DEMO YANG BAIK
* Memahami terlebih dahulu bahwa suatu demo itu bermakna sebagai penyampaian atau mempertunjukkan sesuatu kepada orang lain, sehingga orang lain itu minimal dapat memahami apa yang disampaikan.
* Mengajukan izin atau pemberitahuan kepada pimpinan perguruan tinggi dan pihak Polri yang diteruskan dengan koordinasi mengenai tempat dan waktu.
* Secara rapi menuju ke lokasi demo yang telah disepakati.
* Memperhatikan keamanan dan keleluasaan orang lain, yang mungkin berlalu lalang di tempat itu.
* Menyampaikan orasi, yang pokok pikirannya itu telah tertuang di dalam tulisan yang disiapkan dan berorasilah dengan baik.
* Membubarkan diri dengan tertib dan menyesuaikan peraturan jam demo yang berlaku.

TANGGAPAN YANG DIINGINKAN

Para pendemo ingin mendapatkan respon yang sesuai dengan aspirasi yang dituju, atau adanya pertemuan antara kedua belah pihak untuk mencari solusi atau jalan keluar yang telah disepakati oleh kedua pihak.

SOLUSI

Ketegasan pemerintah dalam menjalankan tugasnya dengan tidak pandang bulu yang dapat memicu terjadinya demonstrasi. Menangkap para provokator dan yang membiayai. Karena banyak demontrasi yang bukan memperjuangkan pendapat yang demokratis, tapi malah merugikan orang lain yang tidak tahu apa-apa. Sehingga dengan cara itu akan terjadi demonstrasi yang bersih, tertib dan cerdas yang jauh dari anarkis.

http://jayboana.blogdetik.com/2012/03/29/apasih-arti-demonstrasi-sesungguhnya/
http://arifnurrahman.com/2012/04/27/contoh-demonstrasi-tanpa-anarki/
http://bangka.tribunnews.com/2012/03/30/demo-yang-benar-dan-indah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s