TUGAS 6

Posted: Januari 8, 2010 in Uncategorized

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, adalah suatu Sistem Informasi Komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Sistem yang menggunakan teknologi komputer berguna untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.
• Implementasi Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif dalam Operasional Perusahaan pada Era Globalisasi yaitu, Pentingnya penerapan teknologi informasi untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan dalam berjalannya suatu perusahaan.
• Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan Kondisi ketujuh aspek akan sangat menentukan posisi perusahaan di dalam kancah persaingan di dunia maya, yaitu masing-masing:
1. Customer Service
2. Price
3. Quality
4. Fulfillment Time
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach
• alasan kenapa perencanaan strategis harus dibuat karena Perkembangan terbaru dalam technology informasi telah mengubah cara organisasi menjalankan bisnis.saat ini,perusahaan biaya mencatat keintiman dengan memanfaatkan internet dan mengambil keuntungan model bisnis baru seperti pelelangan dan perdagangan distribusi,namun banyak pimpinan senior tidak memiliki alat untuk menilai dan mengkomunikasikan dampak bisnis teknologi informasi yang dapat membawa organisasi mereka.
• Customer focused Customer Focused Bisnis sangat diperlukan dalam membangun organisasi bisnis baru, sehingga para customer akan focus pada satu titik. Pertama pemasaran dan penjualan. Seringkali usaha baru bangkrut karena divisi pemasaran dan penjualannya loyo. Banyak yang merasa mampu membuat solusi multimedia dan informatika membuat usaha baru namun setahun kemudian tutup karena tidak dapat proyek. Tugas divisi ini adalah melakukan riset pasar, promosi, mencari prospek klien, melakukan presentasi sampai dapat menghasilkan proyek untuk perusahaan. Kedua produksi. Saya rasa Anda sudah paham proses produksi di bidang ini sehingga dapat membuat struktur organisasi yang tepat. Meski demikian, saya menyarankan agar setiap proyek dikelola oleh Manajer Proyek yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan proyek. Manajer Proyek ini sifatnya temporer: ada ketika ada pekerjaan, sehingga tidak perlu ada di struktur organisasi. Namun dalam pekerjaannya Manajer Proyek membawahi seluruh tim produksi seperti desainer dan programmer sekaligus menjadi penghubung ke klien. Ketiga Administrasi dan Keuangan. Divisi ini bertanggung jawab terhadap masalah legal, administrasi, pembuatan invoice, penagihan, pembayaran dan tetek bengek keuangan termasuk mengatur cash flow dan membayar gaji karyawan.
Ketiga divisi itu cukup dipegang oleh masing-masing satu orang. Direksi saya kira cukup satu saja. Demikian pula komisaris.
Perusahaan baru sebaiknya cukup mengkonsentrasikan pada tiga fungsi dasar tersebut. Bersamaan dengan pertumbuhan perusahaan, jika dirasa perlu melakulan reorganisasi, lakukan saja. Ingat: sa;ah satu daya hidup perusahaan kecil ada pada fleksibilitas organisasinya. Oleh karena itu, manfaatkan daya hidup ini sebaik mungkin.
• Reengineering the Corporation Dalam ilmu computer dan manajemen suatu pendekatan yang bertujuan perbaikan dengan cara menaikan efisiensi dan efektivitas dari proses bisnis yang ada di dalam dan seluruh organiasi. Kunci untuk bagi organisasi untuk melihat proses bisnis mereka dari yang bersih persepektif dan menentukan bagaimana mereka dapat membuat proses ini yang terbaik untuk meningkatkan cara mereka menjalankan bisnis.
• Bagi perusahaan – perusahaan yang ingin meningkatkan keunggulan kompetitif dan memperoleh performansi perusahaan yang dramatis, reengineering (rekyasa ulang) akan mampu menjawabnya. Karena reengineering (rekayasa ulang) adalah pemikiran ulang secara fundamental dan perancangan ulang bisnis secara radikal atas proses – proses bisnis untuk mendapatkan perbaikan dramatis dalam hal ukuran – ukuran kinerja yang penting dan kontemporer, seperti biaya, kualitas, pelayanan, dan kecepatan.
• Menciptakan Virtual Company, adalah menciptakan produk atau software sendiri untuk mendukung suatu perusahaan.
• Membangun Knowledge Creating Company
Knowledge merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, dan Semuanya. berawal dari raw data, karena frekuensi penggunaan serta hubungan dengan berbagai sumber menjadi suatu informasi yang sebagai dasar pengambilan keputusan. Karena itu proteksi serta kemudahan akses bagi pihak yang membutuhkan menjadi penting bagi kelangsungan perusahaan. Dimana dalam aplikasi ini perusahaan dapat membuat rancangan
• keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :
1. Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
2. Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
3. Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
• Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
1. Biaya Tinggi
2. Masalah Keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
4. Budaya orang Indonesia yang merasa tidak nyaman jika berbelanja hanya dengan melihat katalog produk, tanpa menyentuh, apalagi mencoba-coba.
5. Infrastruktur internet tidak merata di seluruh Indonesia, khususnya desa-desa.
6. Jasa kurir yang tidak terjangkau daerah tertentu.
• MODEL SISTEM UMUM
1. Sistem Fisik, merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.
2. Sistem Konseptual,
Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.
• Management by exception adalah suatu gaya yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktivitas hanya jika aktivitas itu menyimpang dari kinerja yang dapat diterima. Agar manajer dapat mempraktekan management by exception, harus ditetapkan standar dalam bentuk batas atas dan batas bawah kinerja yang dapat diterima.
• Pengendalian dalam sebuah sistem pada dasarnya berarti menjaga agar sistem beroperasi dalam batas prestasi tertentu. Sebuah sistem yang berada dalam kendali akan beroperasi dalam batas toleransi yang telah ditentukan.
• Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
• Kontrol pengoperasian sistemberdasarkan kepada struktur organisasional dari departemen operasi, aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.
• keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi dari berbagai sudut.
• Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri atas :
– Kontrol proses pengembangan.
– Kontrol desain sistem.
– Kontrol pengoperasian system
• Perdagangan elektronik (e-dagang) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronika antara lain seperti : internet atau televisi, www, atau jaringan-jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat juga melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
• E-commers pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).
• manfaat utamanya antara lain :
– keuangan meningkat atas hubungan dengan pemasok & masyarakat;
– Pelayanan kepada pelanggan meningkat;
– Peningkatan atas Pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik.
• kendala sebagai berikut :
1. Masalah keamanan.
2. Biaya tinggi.
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak memadai dan tidak tersedia.
• Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik dapat dilakukan dengan :
a. Sistem antar organisasai
b. Electronik data interchange (EDI) adalah suatu transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari computer satu kekomputer yang lainnya antara beberapa perusahaan.
• sistem informasi antar organisasi Merupakan suatu kombinasi antara perusahaan perusahaan terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal; mereka bekerja sama untuk mencapai satu tujuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s